Let's vote KOMODO as new 7 wonders of nature

Posted by Srandil Mandala on Sunday, January 30, 2011


Pulau Komodo adalah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Pulau tersebut menjadi habitat asli hewan komodo. Oleh karena itu, pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo dan dikelola Pemerintah Indonesia. Unesco mengakui kawasan itu sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1986. Pada 2009, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu dari 28 finalis New Seven Wonders of Nature atau 7 Keajaiban Alam Dunia sebagai satu-satunya wakil Indonesia.

Saat ini populasi komodo di TNK tercatat ada sekitar 2.500 ekor (data tahun 2008), dimana komodo merupakan species kadal tertua dan terbesar yang masih hidup di dunia, mereka memiliki panjang rata-rata 3 meter dan berat badan 70-160 kg.
Taman Nasional Komodo memiliki luas 1.817 kilometer persegi (181,7 ha), terdiri dari kepulauan dengan luas lebih 60,3 ha dan taman laut seluas 121,4 ha. TNK sendiri didirikan pada tahun 1980 dan dinyatakan sebagai cagar Manusia dan Biosfir pada tahun 1986 dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO pada tahun 1991.

TNK telah masuk dalam 28 Finalis setelah menyisihkan 440 nominasi pada babak awal. Tahap final akan berlangsung hingga tahun 2011, dan pada tanggal 11 November 2011 (11.11.11) akan dideklarasikan 7 finalis yang terpilih menjadi the New 7 Wonders of Nature.



Langkah sederhana dalam memilihnya adalah: 
(1).masuk ke : www.new7wonders.com/n7w
(2). Pilih 7 dari 28 Finalis dengan mengklik lingkaran disamping kiri gambar nominasi, ingat pilihan pertama KOMODO (NO.17), daftar nama dari 28 finalis: Amazon, Angel Falls, Bay of Fundy, Black Forest, Bu Tinah Island, Cliffs of Moher, Dead Sea, El Yunque, Galapagos, Grand Canyon, Great Barrier Reef, Halong Bay, Iguazu Falls, Jeita Grotto, Jeju Island, Kilimanjaro, Komodo, Maldives, Masurian Lake District, Matterhorn/Cervino, Milford Sound, Mud Volcanoes, Puerto Princesa Underground River (Jangan pilih ini, saingan berat Komodo, pilih 6 nominasi lainnya), Sundarbans, Table Mountain, Uluru, Vesuvius,Yushan;
(3).Selanjutnya klik : Continue To Step 2;
(4).Berikutnya adalah melakukan pengisian biodata dan email account anda (emainya harus valid); (5).Kemudian klik: Submit Your Vote; (6).Terakhir tahap konfirmasi dan validasi vote, segera buka email anda yang anda masukan pada tahap registrasi. Buka email dari info@vote7.com dengan subject: ”Confirm your Official New7Wonders of Nature”, klik link (tulisan biru) yang akan membawa anda ke halaman konfirmasi di website www.new7wonders.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment